Perkembangan Pixar Animation Studios



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Sejarah Singkat

Pixar Animation Studios (disebut juga Pixar) adalah sebuah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville, California. Pixar dimulai pada tahun 1979 sebagai Graphics Grup, bagian dari divisi komputer Lucasfilm. Lalu menjadi sebuah perusahaan pada tahun 1986 yang dibiayai oleh Co Founder Apple Inc, Steve Jobs. Yang menarik pada saat Steve Jobs membeli Pixar yaitu hanya ada 44 pekerja. Kemudian Disney membeli pixar pada tahun 2006. 

Karir

Karya pertama yang dihasilkan oleh Pixar Animation Studios yaitu sebuah short film berjudul Luxo Jr yang dibuat pada tahun 1986. Karakter lampu meja ini dibuat oleh John Lasseter yang kemudian menjadi mascot utama dari Pixar Animation Studios. Film ini dipertunjukkan pada SIGGRAPH yang merupakan sebuah konferensi computer grafik tahunan yang dimulai pada tahun 1974. Luxo Jr menjadi film 3D animasi pertama yang dinominasikan sebagai penghargaan Oscar. Dan mendapat nominasi sebagai Film Pendek Terbaik (Animasi).

Kemudian pada tahun 1987 Pixar Animation Studios membuat film pendek kedua yang berjudul Red’s Dream yang ditayangkan premiere pada SIGGRAPH. Perlu diketahui, bahwa film pendek ini dibuat sepenuhya menggunakan Pixar Image Computer.

(Pixar Image Computer)

Pada tahun 1988 film pendek ketiga yang dibuat oleh Pixar Animation Studios berjudul Tin Toy. Dalam pembuatan film ini, Pixar menggunakan software animasi hak ciptanya sendiri yang bernama Marionette atau Menv. Sedangkan untuk 3D Rendering, pixar menggunakan Pixar RenderMan. Tin Toy ditayangkan perdana pada SIGGRAPH lalu pada tahun berikutnya ditayangkan secara premier pada Ottawa International Film Fest. Yang kemudian film pendek ini menjadi film animasi computer pertama yang menerima penghargaan Academy Award sebagai Best Short Film (Animasi).

Lalu pada tahun 1989 film pendek keempat yang dibuat yaitu Knick Knack. Dimana film ini adalah animasi pixar pertama yang diproduksi secara stereoscopic 3D. Dan pada tahun yang sama pixar juga merilis versi komersial pertama dari Pixar RenderMan.

Pada tahun 1991 Disney dan Pixar mengumumkan persetujuan tentang pembuatan film animasi menggunakan teknologi computer. Lalu Pixar memulai proyeknya yang nantinya akan menjadi Toy Story.


Pada tahun 1995, Pixar berhasil membuat film animasi pertama berjudul Toy Story yang rilis pada 22 November. Dan menjadi film dengan penjualan tertinggi pada tahun tersebut. 

Toy Story dikenal sebagai nominasi Academy award untuk beberapa kategori, yaitu Best Original Song, Best Original Score, and Best Original Screenplay. John Lasseter kemudian mendapatkan penghargaan special Oscar dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences atas jasanya sebagai pemimpin dalam tim Pixar Toy Story.

Kemudian pada tahun 1997 Pixar Animation Studios dan Walt Disney Studios mengumumkan tentang kerjasama untuk memproduksi lima film dalam kurun waktu 10 tahun.



  
Pada tahun 1998 terobosan-terobosan film Pixar dimulai. A Bug's Life dirilis di bioskop pada 25 November, disertai dengan film pendek Geri's Game. Geri’s Game merupakan film pendek buatan pixar pertama yang menggunakan manusia sebagai karakter utamanya.












Selanjutnya pada tahun 1999, Toy Story 2 dirilis di bioskop pada 24 November. Ini adalah film pertama dalam sejarah yang sepenuhnya dibuat dan dipamerkan secara digital. Perilisan film ini sekaligus perilisan ulang film pendek Luxo Jr.






  
Pada 2001, Monster Inc dirilis pada 2 November. Bersamaan dengan perilisan film pendek For The Birds.
















Pada 2003, Finding Nemo dirilis pada 30 May. Bertepatan dengan pembuatan ulang Knick Knack.
















Pada 2004, The Incredibles dirilis pada 5 November. Bertepatan dengan perilisan film pendek Boundin.













Pada 2006, Cars dirilis pada 9 Juni. Bertepatan dengan perilisan film pendek One Man Band. Pada tahun ini, The Wald Disney Studios mengumumkan tentang pembelian Pixar Animation Studios.












Pada 2007, Ratatouille dirilis pada 29 Juni. Bertepatan dengan perilisan film pendek Lifted.















Pada 2008, Wall E dirilis pada 27 Juni. Bertepatan dengan perilisan film pendek Presto.












Pada 2009, Up dirilis dan menjadi film animasi pertama yang membuka Cannes Film Festival. Pada tahun yang sama, film pendek Partly Cloudy pun dirilis.









Dan pada tahun-tahun berikutnya pun Pixar Animation Studios melanjutkan perkembangan film-film animasinya.

2010
Toy Story 3
2011
Cars 2
2012
Brave
2013
Monster University
2015
Inside Out
2015
The Good Dinosaur
2016
Finding Dory
2017
Cars 3
2017
Coco
2018
The Incredibles 2
2019
Toy Story 4

Bagaimana Pixar Animation Studios membuat film-film animasi mereka? Setelah ditelusuri, mereka memiliki website yang bernama The Science Behind Pixar. Pada website tersebut, mereka memberikan penjelasan dan gambaran tentang bagaimana cara mereka membuat dan memproduksi film-film animasi tersebut.

Modelling

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup).

Gambar diatas adalah salah satu contoh dari pembuatan model karakter “Lotso” yang menjadi peran antagonis pada film Toy Story 3. Gambar di kiri menunjukkan sketsa yang digambar oleh animator Pixar. Yang nantinya sketsa tersebut akat dibuat modelnya ke dalam 3D seperti pada gambar di kanan.

Rigging

Rigging adalah teknik yang digunakan dalam animasi untuk mewakili model karakter 3D menggunakan serangkaian tulang digital yang saling berhubungan.Dapat dilihat pada gambar diatas, karakter Sullivan dari film animasi Monster Inc. Di bagian kiri adalah model 3D yang belum ditambahkan rigging pada modelnya. Sedangkan di bagian kanan adalah model 3D yang telah ditambahkan rigging. Dapat dilihat perbedaannya yaitu ketika model tersebut telah ditambahkan rigging / tulang digital, maka karakter tersebut dapat bergerak sesuai dengan tulang digital yang telah ditambahkan.

Surface Appearance


Virtual 3D model hanyalah gabungan dari beberapa bentuk. Untuk itu diperlukan surface appearance atau tekstur, sehingga karakter yang dibuat menjadi semakin detail. Contohnya pada gambar diatas, dapat kita lihat Mater memiliki detail karat pada tubuhnya, yang menggambarkan bahwa ia adalah sebuah mobil tua. Jika tidak ada tekstur karat tersebut, maka kita tidak dapat mengenali Mater sebagai mobil tua.


Sets and Cameras


Set adalah sebuah tempat dimana story/kisah diambil. Dapat dilihat pada gambar diatas bagaimana sebuah set berlangsung. Setting pengambilan sudut kamera yang sesuai.


Rendering


Rendering adalah proses membangun sebuah gambar dari model dengan menggunakan aplikasi pada komputer. Bahasa sederhananya adalah proses membuat gambar hasil akhir dari sebuah desain mentah yang masih terpisah, masih belum bersih, tidak menentu dan lain-lain. Jadi dengan rendering, kita bisa mengetahui seperti apa hasil akhir dari sebuah model atau desain yang sudah di buat.





Sekian penjelasan mengenai Perkembangan Pixar Animation Studios. Semoga dengan penjelasan singkat ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan kata. Saya sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca. Terimakasih

Nama : Giovanni Alfarizi
Kelas : 3IA88
NPM : 52417562
Mata Kuliah : Grafik Komputer 1
Dosen : Dr. Karmilasari, SKom., M.M.

Referensi :


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR : MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN

Proposal Rencana Bisnis

Review Jurnal