Perkembangan Pixar Animation Studios
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Sejarah Singkat
Pixar Animation Studios (disebut juga Pixar) adalah
sebuah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville,
California. Pixar dimulai pada tahun 1979 sebagai Graphics Grup, bagian
dari divisi komputer Lucasfilm. Lalu menjadi sebuah
perusahaan pada tahun 1986 yang dibiayai oleh Co Founder Apple Inc, Steve Jobs. Yang
menarik pada saat Steve Jobs membeli Pixar yaitu hanya ada 44 pekerja. Kemudian
Disney membeli pixar pada tahun 2006.
Karir
Karya pertama yang dihasilkan oleh
Pixar Animation Studios yaitu sebuah short film berjudul Luxo Jr yang
dibuat pada tahun 1986. Karakter lampu meja ini dibuat oleh John
Lasseter yang kemudian menjadi mascot utama dari Pixar Animation Studios. Film
ini dipertunjukkan pada SIGGRAPH yang merupakan sebuah konferensi computer
grafik tahunan yang dimulai pada tahun 1974. Luxo Jr menjadi film 3D
animasi pertama yang dinominasikan sebagai penghargaan Oscar. Dan mendapat
nominasi sebagai Film Pendek Terbaik (Animasi).
Kemudian pada tahun 1987 Pixar
Animation Studios membuat film pendek kedua yang berjudul Red’s Dream yang
ditayangkan premiere pada SIGGRAPH. Perlu diketahui, bahwa film pendek ini
dibuat sepenuhya menggunakan Pixar Image Computer.
(Pixar Image Computer)
Pada tahun 1988 film pendek ketiga yang dibuat
oleh Pixar Animation Studios berjudul Tin Toy. Dalam pembuatan film ini,
Pixar menggunakan software animasi hak ciptanya sendiri yang bernama Marionette
atau Menv. Sedangkan untuk 3D Rendering, pixar menggunakan Pixar RenderMan. Tin
Toy ditayangkan perdana pada SIGGRAPH lalu pada tahun berikutnya ditayangkan
secara premier pada Ottawa International Film Fest. Yang kemudian film pendek
ini menjadi film animasi computer pertama yang menerima penghargaan Academy
Award sebagai Best Short Film (Animasi).
Lalu pada tahun 1989 film pendek keempat yang
dibuat yaitu Knick Knack. Dimana film ini adalah animasi pixar pertama
yang diproduksi secara stereoscopic 3D. Dan pada tahun yang sama pixar juga
merilis versi komersial pertama dari Pixar RenderMan.
Pada tahun 1991 Disney dan Pixar mengumumkan
persetujuan tentang pembuatan film animasi menggunakan teknologi computer. Lalu
Pixar memulai proyeknya yang nantinya akan menjadi Toy Story.
Pada tahun 1995, Pixar berhasil membuat film
animasi pertama berjudul Toy Story yang rilis pada 22 November. Dan
menjadi film dengan penjualan tertinggi pada tahun tersebut.
Toy Story dikenal sebagai nominasi Academy
award untuk beberapa kategori, yaitu Best Original Song, Best Original Score,
and Best Original Screenplay. John Lasseter kemudian mendapatkan penghargaan
special Oscar dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences atas jasanya sebagai
pemimpin dalam tim Pixar Toy Story.
Kemudian pada tahun 1997 Pixar Animation
Studios dan Walt Disney Studios mengumumkan tentang kerjasama untuk memproduksi
lima film dalam kurun waktu 10 tahun.
Pada tahun 1998 terobosan-terobosan film Pixar
dimulai. A Bug's Life dirilis di bioskop pada 25 November, disertai dengan
film pendek Geri's Game. Geri’s Game merupakan film pendek buatan pixar
pertama yang menggunakan manusia sebagai karakter utamanya.
Selanjutnya pada tahun 1999, Toy Story 2 dirilis
di bioskop pada 24 November. Ini adalah film pertama dalam sejarah yang
sepenuhnya dibuat dan dipamerkan secara digital. Perilisan film ini sekaligus
perilisan ulang film pendek Luxo Jr.
Pada 2001, Monster Inc dirilis pada 2 November. Bersamaan dengan
perilisan film pendek For The Birds.
Pada 2003, Finding Nemo dirilis pada 30
May. Bertepatan dengan pembuatan ulang Knick Knack.
Pada 2004, The Incredibles dirilis pada
5 November. Bertepatan dengan perilisan film pendek Boundin.
Pada 2006, Cars dirilis pada 9 Juni.
Bertepatan dengan perilisan film pendek One Man Band. Pada tahun ini,
The Wald Disney Studios mengumumkan tentang pembelian Pixar Animation Studios.
Pada 2007, Ratatouille dirilis pada 29 Juni.
Bertepatan dengan perilisan film pendek Lifted.
Pada 2008, Wall E dirilis pada 27 Juni.
Bertepatan dengan perilisan film pendek Presto.
Pada 2009, Up dirilis dan menjadi film animasi
pertama yang membuka Cannes Film Festival. Pada tahun yang sama, film pendek
Partly Cloudy pun dirilis.
Dan pada tahun-tahun berikutnya pun Pixar
Animation Studios melanjutkan perkembangan film-film animasinya.
2010
|
Toy Story 3
|
2011
|
Cars 2
|
2012
|
Brave
|
2013
|
Monster University
|
2015
|
Inside Out
|
2015
|
The Good Dinosaur
|
2016
|
Finding Dory
|
2017
|
Cars 3
|
2017
|
Coco
|
2018
|
The Incredibles 2
|
2019
|
Toy Story 4
|
Bagaimana Pixar Animation Studios
membuat film-film animasi mereka? Setelah ditelusuri, mereka memiliki website
yang bernama The Science Behind Pixar. Pada website tersebut, mereka
memberikan penjelasan dan gambaran tentang bagaimana cara mereka membuat dan
memproduksi film-film animasi tersebut.
Modelling
3D Modelling adalah proses untuk
menciptakan objek 3D yang ingin
dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran
objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk
memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik
benda mati maupun hidup).
Gambar diatas adalah salah satu
contoh dari pembuatan model karakter “Lotso” yang menjadi peran antagonis pada
film Toy Story 3. Gambar di kiri menunjukkan sketsa yang digambar oleh animator
Pixar. Yang nantinya sketsa tersebut akat dibuat modelnya ke dalam 3D seperti
pada gambar di kanan.
Rigging
Rigging adalah teknik yang digunakan
dalam animasi untuk mewakili model karakter 3D menggunakan serangkaian tulang
digital yang saling berhubungan.Dapat dilihat pada gambar diatas, karakter
Sullivan dari film animasi Monster Inc. Di bagian kiri adalah model 3D yang
belum ditambahkan rigging pada modelnya. Sedangkan di bagian kanan adalah model
3D yang telah ditambahkan rigging. Dapat dilihat perbedaannya yaitu ketika
model tersebut telah ditambahkan rigging / tulang digital, maka karakter
tersebut dapat bergerak sesuai dengan tulang digital yang telah ditambahkan.
Surface
Appearance
Virtual 3D model hanyalah gabungan dari beberapa
bentuk. Untuk itu diperlukan surface appearance atau tekstur, sehingga karakter
yang dibuat menjadi semakin detail. Contohnya pada gambar diatas, dapat kita
lihat Mater memiliki detail karat pada tubuhnya, yang menggambarkan bahwa ia
adalah sebuah mobil tua. Jika tidak ada tekstur karat tersebut, maka kita tidak
dapat mengenali Mater sebagai mobil tua.
Sets
and Cameras
Set adalah sebuah tempat dimana story/kisah
diambil. Dapat dilihat pada gambar diatas bagaimana sebuah set berlangsung.
Setting pengambilan sudut kamera yang sesuai.
Rendering
Rendering adalah proses membangun
sebuah gambar dari model dengan menggunakan aplikasi pada komputer. Bahasa
sederhananya adalah proses membuat gambar hasil akhir dari sebuah desain mentah
yang masih terpisah, masih belum bersih, tidak menentu dan lain-lain. Jadi
dengan rendering, kita bisa mengetahui seperti apa hasil akhir dari sebuah
model atau desain yang sudah di buat.
Sekian penjelasan mengenai Perkembangan Pixar Animation Studios. Semoga dengan penjelasan singkat ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan kata. Saya sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca. Terimakasih
Nama :
Giovanni Alfarizi
Kelas :
3IA88
NPM :
52417562
Mata Kuliah
: Grafik Komputer 1
Dosen : Dr.
Karmilasari, SKom., M.M.
Referensi :
Comments
Post a Comment