Review Jurnal
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Pada tulisan ini, saya akan melakukan review jurnal yang ditulis oleh Daniel G. Aliaga dengan judul
3D Design and Modeling of Smart Cities from a Computer Graphics Perspective. (Link jurnal asli saya cantumkan di akhir tulisan ini).
Perkembangan digital dalam dunia industri maupun arsitektur membuat semakin mudahnya kita dalam perencanaan sebuah pembangunan ataupun pengembangan suatu sistem. Termasuk didalamnya pembuatan model suatu bangunan, jalan, perkotaan, sampai kepada pengembangan tata ruang suatu negara. Dalam artikel 3D Design and Modeling of Smart Cities from a Computer Graphics Perspective yang ditulis oleh Daniel G. Aliaga, ia menjelaskan tentang Desain 3D dan membuat model sebuah perkotaan pintar dengan perspektif grafik komputer.
Daniel G. Aliaga menjelaskan dalam jurnalnya, 6 bab yang berisikan :
- Introduction
- Urban Geometry
- Urban Simulation
- Inverse Procedural Modeling
- Computer Graphics for Urban Design and Planning
- Conclusion
Yang akan coba saya rangkum ke dalam sebuah tulisan singkat ini.
Introduction
Dalam bab pertama ini, terdapat 3 sub bab didalamnya, yaitu motivation, challenges, dan state of the art.
Dalam sub bab pertama, motivation, dijelaskan tentang apa hal yang dapat dicapai ketika menggunakan teknologi dalam perkembangan grafik komputer. Bagaimana pengaruh dan keuntungan apa yang didapatkan dalam pengembangan sebuah tata ruang kota.
Kemudian dalam sub bab kedua, challenges, dijelaskan tentang tantangan apa yang akan dihadapi dan bagaimana persiapan yang dapat kita lakukan jika menggunakan teknologi terbaru.
Dan terakhir dalam sub bab ketiga, state of the art, bagaimana sebuah perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap kemajuan suatu model lingkungan perkotaan.
Urban Geometry
Dalam bab kedua ini, terdapat 4 sub bab didalamnya, yaitu procedural modelling, buildings and facades, roads and parcels, dan city-scale geometry.
Dalam sub bab pertama, procedural modelling, dijelaskan tentang bagaimana cara dan metode yang dapat digunakan dalam membuat suatu model. Mulai dari sistem produksi apa yang akan digunakan, bagaimana sebuah metodologi diterapkan dalam teknik arsitektur, dan pengaruh varietas tanaman dalam ekosistem tata ruang kota.
Dalam sub bab kedua, buildings and facades, dijelaskan beberapa metode yang digunakan para ahli dalam membuat desain sebuah bangunan.
Gambar 1. Procedural building modelling
Dalam sub bab ketiga, roads and parcels, dijelaskan bagaimana pembuatan model sebuah jalanan dan bidang mendapatkan perhatian khusus dan penanganan yang beragam.
Dalam sub bab keempat, city-scale geometry, dijelaskan bagaimana mendesain seluruh kota atau bidang yang luas, penggunaan simulasi perkotaan sebagai bagian dari visualisasi perkotaan
Gambar 2. Urban Simulation. Graf prototipe berdasarkan beberapa aspek.
Urban Simulation
Dalam bab ketiga, terdapat 5 sub bab didalamnya, yaitu cellular automata, agent-based models, Urban-Economic Discrete-Choice Models, UrbanSim, dan Urban Visualization.
Dalam sub bab pertama, cellular automata dapat disingkat (CA), dijelaskan prinsip CA, yaitu sel, bidang, lingkungan, dan aturan transisi.
Dalam sub bab kedua, agent-based models dapat disingkat (ABM), bagaimana ABM dapat memperluas framework CA sehingga dapat mudah berpindah-pindah. tetapi berbeda kegunaannya dengan CA.
Dalam sub bab ketiga, Urban-Economic discrete-choice models, dijelaskan bagaimana model ini dapat terintegrasi dengan agent-based model dengan dipelopori oleh McFadden dalam teorinya.
Dalam sub bab keempat, UrbanSim, dimana ini merupakan sebuah contoh dari discrete-models.
Dalam sub bab kelima, Urban Visualization, dimana mesin visualisasi telah terhubung kepada sistem simulasi perkotaan. Dan bagaimana visualisasi telah diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, penjelajahan, penjabaran, dan perjanjian.
Inverse Procedural Modeling
Dalam bab keempat, terdapat 3 sub bab didalamnya, yaitu Inverse Procedure and Parameter Estimation, Inverse Parameter Estimation, Controlling Procedural Modeling, dan Shape Editing.
Dalam sub bab pertama, Inverse Procedure and Parameter Estimation, dijelaskan tentang bagaimana L-system secara efisien mengkodekan struktur umum dan parameter menjadi sebuah struktur transformasi.
Gambar 3. Inverse 2D plant modelling
Dalam sub bab kedua, Inverse Parameter Estimation, dijelaskan penjelasan para ahli mengenai prosedur modelling ini. Yang mana pada prosedur ini, bangunan yang sudah ada pada dunia nyata, dilakukan modeling sehingga mendapatkan hasilnya.
Dalam sub bab ketiga, Controlling Procedural Modeling, dijelaskan bagaimana keuntungan dari prosedural modeling yaitu pada detail yang dihasilkan.
Dalam sub bab keempat, shape editing, dijelaskan bagaimana metode ini tidak secara pasti mengikuti suatu parameter, melainkan dapat diubah menjadi berbagai model.
Computer Graphics for Urban Design and Planning
Dalam bab kelima, terdapat 3 sub-bab didalamnya, yaitu urban weather, urban ecosystem, dan urban radiation and energy.
Dalam sub bab pertama, urban weather, dijelaskan tentang bagaimana perkembangan teknologi dalam memprediksi suatu cuaca / iklim lingkungan perkotaan.
Dalam sub bab kedua, urban ecosystem, dijelaskan tentang ekosistem perkotaan dengan tatanan tanaman, tumbuhan, dan pepohonan.
Dalam sub bab ketiga, urban radiation and energy, dijelaskan tentang bagaimana sebuah lingkungan perkotaan dapat membuat sebuah dampak yang besar dalam sebuah iklim, radiasi yang dihasilkan dan limbah hasil produksi yang dihasilkan.
Conclusion
Pada kesimpulannya, Daniel G. Aliaga menjelaskan bagaimana dalam jurnalnya, ia mengumpulkan dan menyusun penelitian tentang beberapa disiplin ilmu yang berkaitan dengan 3D modelling sebuah bangunan, lingkup perkotaan, dan kota pintar / modern yang dilihat dari sudut pandang grafik komputer. Dan Bagaimana keuntungan dan dampak yang akan didapatkan nanti setelah semakin berkembangnya dunia grafik komputer.
Sekian review jurnal yang dapat saya berikan. Semoga dengan penjelasan singkat ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan kata. Saya sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca. Terimakasih.
Nama : Giovanni Alfarizi
Kelas : 3IA88
NPM : 52417562
Mata Kuliah : Grafik Komputer 2
Dosen : Dr. Karmilasari, SKom., M.M.
Referensi :
Comments
Post a Comment